Hardini, Hardini and Wening, Nur and Subkhan, Muhammad (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE MEWARNAI POLA GAMBAR DI KELOMPOK B TK PERTIWI RANDUSARI UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151502887 HARDINI.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Kelompok B TK Pertiwi Randusari terdapat masalah ketika kegiatan pembelajaran. Masalah yang dimaksud terletak pada kemampuan motorik halus yang berkembang kurang maksimal karena stimulasi yang diberikan kepada anak kurang bervariasi sehingga kemampuan anak untuk bereksplorasi menggunakan jari-jemari serta pergelangan tangan juga kurang. Stimulasi motorik halus yang kurang bervariasi terletak pada penggunaan krayon dan spidol untuk kegiatan mewarnai yang terlalu sering dilakukan. Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui metode mewarnai pola gambar di Kelompok B TK Pertiwi Randusari UPTD Pendidikan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Pertiwi Randusari Kecamatan Pambahan Kabupaten Klaten. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari sebelum tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I menggunakan teknik gradasi yang berbeda dan anak-anak merasa senang karena hasil mewarnai menjadi lebih baik sehingga peningkatan persentase yang ditunjukkan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 47,4% kemudian peningkatan persentase yang cukup signifikan ditunjukkan pada pelaksanaan siklus II menjadi 78,9% dikarenakan kegiatan mewarnai dilakukan menggunakan tambahan alat mewarnai untuk membuat siluet garis sehingga stimulasi yang diberikan kepada anak bisa tuntas dan anak tidak mengalami kesulitan. Kata Kunci : Kemampuan, Motorik Halus, Metode Mewarnai
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 03:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:47 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
View Item |