PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA POWERPOINT BAGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GEMAWANG TAHUN 2016

Maryuanto, Sigit and Wening, Nur and Sutrischastini, Ary (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA POWERPOINT BAGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GEMAWANG TAHUN 2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151402937 SIGIT MARYUANTO.pdf

Download (345kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gemawang Tahun 2016 dengan menggunakan media PowerPoint. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah-langkah kegiatan dalam PTK terdiri dari: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (acting), 3) pengumpulan data (observing), dan 4) refleksi (reflecting). Indikator kinerja secara individual dalam penelitian ini adalah jika seorang siswa telah mencapai nilai KKM lebih dari atau sama dengan 75, sedangkan secara klasikal apabila 85% siswa dalam satu kelas telah mencapai KKM. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian sebelum tindakan dari 28 siswa, 6 siswa (21,43%) tuntas belajar, pada siklus II menjadi 24 siswa (85,71%) terjadi kenaikkan 18 siswa (64,28%). Siswa yang belum tuntas belajar 22 (78,57%), menjadi 4 siswa (14,29%) menurun 18 siswa (64,28%). Nilai Tertinggi sebelum tindakan 80, pada siklus II menjadi 97,50, terjadi kenaikkan 17,5. Nilai terendah sebelum tindakan 32,50 pada siklus II menjadi 65, terjadi kenaikan 32,50. Nilai rata-rata sebelum tindakan 57,59 pada siklus II menjadi 80, terjadi kenaikkan 22,41. Implikasi penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Gemawang Tahun 2016 dapat ditingkatkan melalui media PowerPoint. Kata Kunci: PTK, Media PowerPoint, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 04 Oct 2018 05:54
Last Modified: 04 Oct 2018 05:54
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item