PENINGKATAN KETERAMPILAN KRIYA KAYU MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PACITAN SATU ATAP KABUPATEN PACITAN TAHUN 2016

Aini, Ro’yul and Suprihanto, John and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN KRIYA KAYU MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PACITAN SATU ATAP KABUPATEN PACITAN TAHUN 2016. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
151202802 RO'YUL AINI.pdf

Download (610kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran kriya kayu dengan metode field trip, dan meningkatkan hasil produk keterampilan kriya kayu dengan metode field trip. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dikelas VIII SMP Negeri 5 Pacitan Satu Atap, Kabupaten Pacitan dari bulan Agustus sampai bulan Nopember 2016. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menyusun rencana tindakan berikutnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, documentasi, dan tes. Uji validitas data dengan triangulasi, meliputi triangulasi sumber data, triangulasi metode pengumpulan data, dan review informasi kunci. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisi kritis. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : pertama, penerapan metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran kriya kayu, yaitu : (a) meningkatnya perhatian siswa saat guru menyampaikan materi pelajaran, dapat dilihat dari presentase yang dicapai siswa, yaitu pada pratindakan 61,06%, siklus I 69,48%, siklus II 81,57%. (b) meningkatnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran dapat dilihat dari presentase keberhasilan pratindakan 61,06%, siklus I 71,64%, siklus II 81,57%. (c) meningkatnya hasil produk keterampilan kriya kayu oleh siswa dapat dilihat dari presentase keberhasilan pratindakan 57,90%, siklus I 72,64%, siklus II 86,31%. Kedua, penerapan metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan hasil produk keterampilan kriya kayu, dapat dilihat dari nilai rata-rata pratindakan 67,57 menjadi 73,90 pada siklus I dan 80,43 pada siklus II. Kata kunci : keterampilan, kriya kayu, SMP Negeri 5 Pacitan Satu Atap, peneilitian tindakan kelas field trip.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:30
Last Modified: 08 Oct 2018 08:30
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item