Rusmiati, Fransisca and Sutikno, Bayu and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2017) PENINGKATAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOKOSAN PRAMBANAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151503001 FRANSISCA RUSMIATI.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Kinerja guru di SD Negeri 2 Kokosan masih ada beberapa guru yang kinerjanya cukup baik dan dalam kenyataanya berdasarkan hasil wawancara pendahuluan dengan salah seorang guru, metode ceramah masih menjadi metode yang paling sering dipakai para guru. Hampir dalam segala keadaan metode ini dianggap paling mudah bagi seseorang untuk menyajikan secara lisan. Masalah lain yang timbul yaitu masih banyak guru yang belum optimal dalam melaksanakan tugasnya dimana seluruh guru harus menerapkan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dengan seimbang dalam proses pembelajaran, diantaranya masih banyak guru yang belum membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), ketidakcocokan dalam penggunaan metode mengajar, serta ketidaksiapan guru dalam mengajar. Mengajar bukanlah tugas sederhana, ia menuntut profesional. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kinerja guru SD Negeri 2 Kokosan, dalam hal merencanakan, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik dan melaksanakan tugas tambahan melalui supervisi akademik. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sebab jenis penelitian ini ingin memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dari data yang direkam. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif interaktif. Hasilnya pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru kelas di SD Negeri 2 Kokosan sehingga dapat memberikan layanan dan bantuan kepada guru dalam mengembangkan situasi pembelajaran yang dilakukan guru dikelas. Kegiatan supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kinerja guru kelas di SD Negeri 2 Kokosan ada 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan umpan balik implementasi supervisi kepala sekolah SD Negeri 2 Kokosan dengan harapan kedepannya akan ada perubahan kearah lebih baik, dan ternyata hasilnya sangat baik dengan nilai rata-rata 3,22. Kemudian upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru melalui supervisi akademik bisa diupayakan dengan peningkatan kegiatan supervisi kepala sekolah secara kontinyu, kemudian memberi tugas mengajar baru sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dikuasai oleh guru baru; membentuk dan melaksanakan KKG; melakukan supervisi administrasi dan akademik; melakukan pembinaan; memberi kesempatan pada guru untuk mengikuti pelatihan; memberi reward (penghargaan) dan memberikan hukuman pada guru yang malas dan bermasalah; memberi tugas tambahan pada guru baru; membentuk ikatan keluarga, meningkatkan kemampuan pribadi, kemampuan sosial dan kemampuan profesional yang dimiliki oleh guru. Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 10:13 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 10:14 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |