STRATEGI PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH JOGJATAMA VISHESHA YOGYAKARTA

Rahmawati, Devi and Halim, Abdul and Mahsun, Mohammad (2016) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH JOGJATAMA VISHESHA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
142202665 DEVI RAHMAWATI.pdf

Download (697kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) merupakan unit usaha milik pemerintah yang bertujuan untuk mengoptimalisasi potensi ekonomi di daerah dalam upaya menggali dan mengembangkan sumberdaya daerah, memberikan pelayanan masyarakat atau publik services serta mencari keuntungan atau profit motif. Berdasarkan data yang di perolehdari DPDPK Kota Yogyakarta, dari beberapa BUMD yang dimiliki Pemerintah Kota Yogyakarta, BUMD yang mengalami kerugian paling besar adalah PD. Jogjatama Vishesha. Selain itu dari empat kewajiban yang ditetapkan untuk BUMD ini, yakni pengembangan ekonomi khususnya Yogyakarta bagian selatan, memfasilitasi dunia usaha termasuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan menghasilkan keuntungan semuanya belum sesuai target. Di sisi lain PD. Jogjatama Vishesha juga masih merugi sehingga perlu adanya penelitian untuk mengetahui rumusan strategi yang tepat digunakan oleh PD. Jogjatama Vishesha untuk meningkatkan kinerja keuangannya supaya tidak merugi. Hal tersebut menjadi tujuan dari penelitian ini. Analisis data yang dilakukan adalah menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Analisis ini akan mengkombinasikan empat set faktor strategis yaitu strengths, weaknesses, opportunities dan threats menjadi 4 (empat) strategi yakni strategi SO (strength dan opportunity), strategi ST (strength dan threat), strategi WO (weakness dan opportunity), dan strategi WT (weakness dan threat). Dalam proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam serta studi literatur terhadap dokumen-dokumen laporan keuangan dan dokumen lain yang terkait. Hal ini menjadi batasan pembahasan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa strategi yang paling tepat diterapkan oleh manajemen PD. Jogjatama Vishesha adalah strategi WO (weakness dan opportunity). Hal ini mengingat masih banyak kelemahan (weaknesses) yang dihadapi oleh manajemen padahal peluang untuk mengembangkan usahanya masih terbuka lebar sehingga untuk dapat meraih peluang yang ada, manajemen harus dapat meminimalisir kelemahan yang ada. Strategi WO ini dapat dilakukan dengan pengadaan produk seni dan kerajinan yang unik/mempunyai cirri khas, kejelasan jam buka tutup, optimalisasi lahan untuk mencapai space komersial yang ideal dan penentuan segmen pasar yang jelas. Strategi yang ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan pada PD. Jogjatama Vishesha. Kata Kunci : produk unik dan berkualitas, kejelasan jam buka tutup, space komesial yang ideal, dan segmen pasar yang jelas.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Keuangan Publik
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:58
Last Modified: 11 Oct 2018 02:58
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item