Widiarto, Arifin and Purwadi, Didik and Widiastuti, Nur (2016) STRATEGI PENINGKATAN PENGELOLAAN TERMINAL JOMBOR DI KABUPATEN SLEMAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
142402737 ARIFIN WIDIARTO.pdf Download (538kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan pengelolaan Terminal Jombor pada hakekatnya diharapkan agar terpenuhinya tuntutan kebutuhan untuk menciptakan efektivitas dan efisiensi serta profesionalisme terminal Jombor yang memadai pada setiap terminal serta mampu melaksanakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan secara lancar dengan dilandasi semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui penyebab pengelolaan terminal Jombor di Kabupaten Sleman belum optimal dan untuk mengetahui strategi yang akan dilakukan untuk meningkatkan Pengelolaan Terminal Jombor Di Kabupaten Sleman. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan fenomena secara mendalam melalui pengumpulan data. Penelitian ini muncul karena adanya perubahan paradigma sehingga dapat dipandang sebagai sesuatu yang holistik/utuh, kompleks, dinamis dan penuh makna. Hasilnya diketahui pengelolaan Terminal Jombor Di Kabupaten Sleman menjadi kurang optimal dipicu dengan ditemukan berbagai permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan terminal yaitu meliputi : (1) permasalahan Seputar Pengunjung, seperti Minimnya kesadaran penumpang terhadap kebersihan dan ketertiban terminal; (2) Permasalahan seputar awak angkutan umum, seperti Minimnya kesadaran terhadap peraturan dan tata tertib terminal, Banyaknya kendaraan umum yang tidak membayar retribusi terminal; (3) Permasalahan seputar pengelolaan terminal, seperti Lemahnya proses rekrutmen karyawan, Pengelolaan terminal yang kurang profesional, Lemahnya pengawasan terhadap peraturan dan tata tertib terminal, Kurang perhatian terhadap pemeliharaan sarana fisik; (4) Permasalahan seputar pengaruh lingkungan ekternal terminal. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan Terminal Jombor yang bisa dilakukan adalah dengan (1) Strategi SO yaitu dengan pembinaan berkelanjutan dari pemerintah, meningkatkan keikutsertaan dalam diklat, dan meningkatkan kerjasama dengan perusahaan otobus, (2) Strategi WO yaitu dengan penambahan petugas, meningkatkan kinerja petugas, dan meningkatkan pengelolaan keuangan yang baik, (3) Strategi ST yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan terminal, dan meningkatkan sosialisasi informasi pelayanan terminal, (4) Strategi WT yaitu dengan Meningkatkan sarana dan prasarana terminal dan Meningkatkan keamanan dan ketertiban terminal. Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 02:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 02:28 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/612 |
Actions (login required)
View Item |