Yuliati, Ai Lili and Panuntun, Kukuh and Safitri, Annisa and Reydha, Reydha and Khoerunnisa, Rismaya and Shandy, Nadira Fadhila (2018) PENGARUH MOTIVASI, KNOWLEDGE OF ENTREPRENEURSHIP DAN INDEPENDENSI TERHADAP ENTREPRENEUR’S PERFORMANCE UMKM (Studi pada Warung Kelontong Jalan Sukapura, Jalan Sukabirus dan Jalan PGA Bojongsoang Kabupaten Bandung). In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER 2018 : Membangun Green Entrepreneur Solusi Bonus Demografi Indonesia. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 61-73. ISBN 978-602-51174-1-1
|
Text
61-73 Ai Lili Yuliati, Reydha, Kukuh Panuntun, Rismaya Khoerunnisa, Nadira Fadhila Shandy & Annisa Safitri.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Ditengah persaingan jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) warung kelontong yang berada di kawasan Universitas Telkom yang semakin banyak. Dibutuhkan faktor internal yang bisa membantu warung kelontong untuk tumbuh berkembang dan mencapai kinerja usaha yang baik. Namun warung kelontong di daerah Universitas Telkom mengalami naik turun dalam hal pendapatan serta sulit untuk mengembangkan usaha kelontong mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh motivasi, knowledge of entrepreneurship dan independensi pada warung kelontong jalan Sukabirus, jalan Sukapura dan jalan PGA terhadap entrepreneur’s performance baik secara simultan dan secara parsial.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM kelontong di kawasan Universitas Telkom sebanyak 41 UMKM. Teknik sampling yang digunakan probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh (sensus). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis Deskriptif dan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, motivasi, knowledge of entrepreneurship dan independensi UMKM dalam kategori baik. Hasil Analisis Regresi Linier Berganda, secara simultan, motivasi, knowledge of entrepreneurship dan independensi berpengaruh signifikan terhadap entrepreneur’s performance. Secara parsial variabel motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap entrepreneur’s performance, knowledge of entrepreneurship berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap entrepreneur’s performance sedangkan independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap entrepreneur’s performance. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar yaitu independensi, kedua adalah motivasi dan terakhir yaitu knowledge of entrepreneurship. Kata Kunci: Motivasi, knowledge of entrepreneurship, independensi, entrepreneur’s performance.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 09 May 2019 02:54 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:54 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/703 |
Actions (login required)
View Item |