ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN MUHAMMADIYAH DI SMK AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG

Rusmanto, Herry and Suud, Muhammad and Sutrischastini, Ary (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM PESANTREN MUHAMMADIYAH DI SMK AL-MU’MIN MUHAMMADIYAH TEMBARAK TEMANGGUNG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
171103619 HERRY RUSMANTO 1-3.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
171103619 HERRY RUSMANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Kurikulum pesantren Muhammadiyah/ kurikulum Ismuba adalah kurikulum khusus yang didesain untuk merespon perkembangan sains, teknologi dan perubahan sosial dan moral. Dengan menyeimbangkan aspek pengetahuan, perilaku, dan keterampilan secara utuh serta menyatupadukan antara ilmu agama dengan ilmu umum, diharapkan menjadi acuan baku untuk diimplementasikan di sekolah/ pesantren Muhammadiyah se-Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif eksploratif. Fokus penelitian ini adalah implementasi kurikulum Ismuba di SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, yang ditengarai belum maksimal. Dengan pendekatan deskriptif eksploratif, penelitian ini medeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan belum maksimalnya implementasi kurikulum Ismuba di SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah acuan standar baku kurikulum Ismuba, alokasi waktu, durasi waktu, kompetensi guru, sarana prasarana pembelajaran dan ketersediaan anggaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah beberapa orang pengambil kebijakan atau yang memiliki kaitan dengan objek penelitian, antara lain yaitu direktur pondok pesantren, kepala kesantrian, kepala SMK, wakil kepala bagian kurikulum SMK, sebagian guru dan siswa SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung. Data diperoleh melalui pengamatan lapangan, wawancara dengan guru, wakil kepala bagian kurikulum, para siswa dan studi pustaka/ dokumen sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Ismuba di SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung. Kata kunci : implementasi, kurikulum Ismuba, SMK Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 14 Jul 2019 01:37
Last Modified: 14 Aug 2019 01:37
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item