Model Peningkatan Kinerja Organisasi Pengelola Zakat Infaq Shadaqoh (Opzis) dalam Pengentasan Kemiskinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Sulastiningsih, Sulastiningsih and Wikaningtyas, Suci Utami and Novitasari, Dwi (2018) Model Peningkatan Kinerja Organisasi Pengelola Zakat Infaq Shadaqoh (Opzis) dalam Pengentasan Kemiskinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta. ISBN 978-602-51174-5-9

[img]
Preview
Text
4. Sulastiningsih.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul Model Peningkatan Kinerja Organisasi Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (OPZIS) Dalam Pengentasan Kemiskinan Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini bertujuan menyusun model peningkatan kinerja OPZIS dengan menggunakan balanced scorecard dan model pemberdayaan mustahik, yaitu penerima dana zakat infaq dan shadaqah (ZIS) dalam pengentasan kemiskinan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarya (DIY). Keunggulan manajemen strategik berbasis balance scorecard ini tidak hanya mencakup prespektif keuangan, tetapi lebih luas yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, proses internal, customer dan keuangan, serta mampu menghasilkan rencana strategik yang komprehensif, koheren, berimbang dan terukur. Populasi penelitian tahun pertama adalah seluruh karyawan OPZIS, muzzaki dan mustahik, teknik sampling yang digunakan random sampling. Sampel penelitian 100 karyawan OPZIS, 100 muzzaki dan 100 mustahik, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert, wawancara dan dokumentasi. Untuk menyusun model peningkatan kinerja OPZIS digunakan empat perspektif balanced scorecard dan untuk menguji model tersebut digunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) Hasil penelitian tahun pertama adalah model manajemen stratejik yang mampu meningkatkan kinerja OPZIS. Terbukti bahwa, kinerja pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran (loyalitas karyawan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perspektif kualitas proses internal. Kinerja perspektif proses internal (kualitas layanan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan customer (muzzaki dan mustahik), kepuasan customer berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas customer dan kinerja perspektif customer berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan OPZIS. Dalam model perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, variabel supervisor support, dan training berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan karyawan, sedangkan variabel lingkungan kerja dan team work tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan. Variabel kepuasan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karyawan. Dalam model perspektif proses internal, loyalitas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan. Dalam perspektif pelanggan, variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki dan kepuasan mustahik. Kepuasan muzakki dan kepuasan mustahik berpengaruh positif dan signifikan pada loyalitas muzakki dan loyalitas mustahik. Dalam perspektif keuangan, loyalitas muzakki berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja keuangan. Sedangkan loyalitas mustahik berpengaruh negatif dan signifikan pada kinerja keuangan. Dengan menggunakan model persamaan Analysis of Moment Structure (AMOS) diperoleh nilai CFI= 0,918, AGFI = 0,910, TLI = 0,909 dan RMSEA = 0,073, sehingga memenuhi syarat sebagai fit model, meskipun secara umum model penelitian ini kurang memuaskan. Kata Kunci: Kinerja, OPZIS, Balanced Scorecard, Pengentasan Kemiskinan

Item Type: Book
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:49
Last Modified: 20 Sep 2019 02:49
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item