PERAN KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA (Studi pada Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Ar-Rahmah)

Damayanti, Dila (2020) PERAN KUALITAS LAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA (Studi pada Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Ar-Rahmah). In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 470-479. ISBN 978-602-51174-9-7

[img]
Preview
Text
41 Dila Damayanti.pdf

Download (298kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Perkembangan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di berbagai daerah begitu pesat, hal ini juga terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Semakin banyaknya Lembaga PAUD, menjadikan persaingan yang cukup kuat dan menjadikan Lembaga PAUD harus berusaha meningkatkan kualitasnya untuk dapat menarik minat orang tua serta menambah tingkat kepuasan orang tua. Inti permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah peran kualitas layanan pendidikan PAUD terhadap tingkat kepuasan orang tua pada Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Ar-Rahmah di Perumahan Bumi Trimulyo Permai. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan pendidikan PAUD dan kepuasan orang tua pada Lembaga Pendidikan Islam Terpadu. Populasi penelitian ini adalah orang tua anak didik Lembaga Pendidikan Terpadu Ar-Rahmah di Perumahan Bumi Trimulyo Permai sebanyak 45 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Uji t, Uji F, Uji regresi linier berganda, dan koefisien determinasi (R square). Hasil analisis linier berganda menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan orang tua di Lembaga Pendidikan Terpadu Ar-Rahmah di Perumahan Bumi Trimulyo Permai sebesar 69,4%. Meskipun demikian, Lembaga Pendidikan Terpadu Ar-Rahmah di Perumahan Bumi Trimulyo Permai masih perlu untuk meningkatkan ruang belajar, mengadakan evaluasi dan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan guna meningkatkan pelayanan, dan pengelola perlu mengadakan sosialisasi untuk memberikan penjelasan mengenai sistem dan prosedur pelayanan agar orang tua anak didik lebih mudah dalam akses pelayanan. Kata Kunci: kualitas layanan, kualitas layanan, kepuasan konsumen.

Item Type: Book Section
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kualitas Layanan
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:04
Last Modified: 05 Feb 2020 02:04
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item