ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN JENIS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GO-JEK DI KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Rahmadani, Hidayat and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2018) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN JENIS JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GO-JEK DI KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
163115835-HIDAYAT RAHMADANI unggah.pdf

Download (730kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang layanan jasa transportasi yang beroperasi di Yogyakarta. PT. Go-jek Indonesia (Go-Jek) adalah salah satu perusahaan yang menyediakan layanan jasa transportasi. Go-jek harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan jenis jasa terhadap kepuasan pelanggan. Dalam peentuan sampel, teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang pelanggan dari Go-jek dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,365X1 + 0,423X2 + 0,727X3 Dimana variabel Kepuasan Pelanggan (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X1), variabel Harga (X2) dan variabel Jenis Jasa (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen Kepuasan Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,559 menunjukkan bahwa 55,9% variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 44,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Jenis Jasa dan Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kepuasan Konsumen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 26 Mar 2018 03:20
Last Modified: 17 Sep 2018 06:34
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item