PENGARUH KUALITAS, DESAIN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG DALAM BERBELANJA PAKAIAN PADA SHOPEE YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN

Ratnawati, Ratnawati and Wikaningtyas, Suci Utami (2020) PENGARUH KUALITAS, DESAIN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG DALAM BERBELANJA PAKAIAN PADA SHOPEE YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pada era modern saat ini fashion menjadi gaya hidup yang sangat digemari dan menjadi hal penting diberbagai kalangan, sehingga di jaman maju saat ini dunia informasi tidak terlepas dari peranan perkembangan tegnologi salah satunya yaitu munculnya berbagai penjualan online. Shopee sebagai salah satu wadah jual beli online yang berfokus pada platform mobile sehingga orang lebih mudah mencari,berbelanja dan berjualan langsung melalui ponsel saja, diakses dengan mudah untuk bertransaksi, serta jenis-jenis produk yang ditawarkan bervariasi dan terdapat pula rating pada setiap tok o yang ada pada aplikasi tersebut untuk melihat mana yang selalu dikunjungi pembeli. Mengingat meningkatnya konsumen melalui onlineshop maka kualitas produk,dan desain pakaian perlu untuk diperhatikan karna konsumen tidak dapat melihat dan menyentuh langsung produk tersebut, apakah produk sesuai dengan yang ditampilkan dan apakah harga yang ditetapkan sebanding dengan yang mereka dapatakan dan rasakan agar tidak ada terjadinya kekecewaan saat produk diterima. Ketika produk sampai ketangan pelanggan akan menciptakan rasa puas atau tidaknya sehingga akan muncul tindakan pembelian berulang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Penelitian ini dilakukan melalui media online sedangkan untuk media offline lokasi penelitian dilakukan di Jalan Golo No.23 Pandeyan, Umbulharjo Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria konsumen yang telah melakukan pembelian minimal 2x pada aplikasi Shopee. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa H1 diterima karena t hitung sebesar 2.627 > t tabel sebesar 1.986 dengan nilai signifikan variabel sebesar 0.010 < nilai signifikan standart sebesar 0.05 yang berarti Kualitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja pakaian di Shopee. H2 diterima karena t hitung sebesar 2.548 > t tabel sebesar 1.986 dengan nilai signifikan variabel sebesar 0.012 < nilai signifikan standart sebesar 0.05 yang berarti Desain memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja pakaian di Shopee. H3 diterima karena t hitung sebesar 2.123 > t tabel sebesar 1.986 dengan nilai signifikan variabel sebesar 0.036 < nilai signifikan standart sebesar 0.05 yang berarti Harga juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja pakaian di Shopee. H4 ditolak karena t hitung sebsar 1.641 < t tabel sebsar 1.986 dengan nilai siginikan sebesar 0.104 > nilai signifikan 0.05 yang berarti Kualitas tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang dalam berbelanja pakaian Shopee. H5 ditolak karena t hitung sebsar -0.904 < t tabel 1.986 dengan nilai signikan sebesar 0.368 > nilai signifikan standar 0.05 yang berarti desain tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang dlam berbelanja pakaian Shopee. H6 diterima karena nilai t hitung sebesar 17.340 > t tabel 1.986 dengan nilai signifikan 0.000 < nilai signifikan standart 0.05 berarti harga memilki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang dalam berbelanja pakaian Shopee. H7 diterima karena f hitung sebesar 96.773 > f tabel sebesar 2.47 dengan nilai signifikan 0.000 < nilai signifikan standar 0.05 berarti kepuasan pelaanggan berpengaruh terhadap minat beli ulang. H8 diterima karena nilai pengaruh tidak langsung antara X1 melalui Y terhadap Z sebesar 0,293 > nilai pengaruh langsung X1 terhadap Z 0.107 berarti kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara kualitas terhadap minat beli ulang. H9 diterima karena nilai pengaruh tidak langsung X2 terhadap Z melalui Y sebesar 0.207 > nilai pengaruh langsung X2 terhadap Z -0.043 berarti kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara desain terhadap minat beli ulang. H10 ditolak karena nilai pengaruh tidak langsung X3 terhadap Z melalui Y sebesar 0.237 < nilai pengaruh langsung X3 terhadap Z sebesar 0.244 berarti hubungan antara harga terhadap minat beli ulang tidak dimediasi oleh kepuasan pelanggan dalam berbelanja pakaian di Shopee. Kata Kunci : Kualitas, desain, harga, kepuasan pelanggan, minat beli ulang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Keputusan Pembelian
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:07
Last Modified: 05 Nov 2020 03:07
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item