Lestari, Alvi and Damayanti, Dila (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LEMBAGA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA (Studi pada PAUD Flamboyan Cilik Gondo Arum Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
144114982 Alvi Lestari-Manajemen 1-3.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
144114982 Alvi Lestari-Manajemen 4-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Kualitas layanan lembaga PAUD merupakan salah satu kunci paling menentukan keberlangsungan lembaga tersebut. Oleh karena itu lembaga PAUD perlu memperhatikan kualitas lembaga pendidikan, sehingga mampu menghasilkan anak-anak yang berkualitas yang akan berdampak pada kepuasan orang tua dari anak-anak didik tersebut. Salah satunya adalah PAUD Flamboyan Cilik Gondo Arum Yogyakarta yang ingin meningkatkan pelayanan pendidikan agar menarik minat orang tua serta meningkatkan kepuasan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk memngetahui kualitas pelayanan lembaga pendidikan PAUD berdasarkan aspek bukti fisik (tangibles), aspek kehandalan (reliability), aspek daya tanggap (responsivness), aspek jaminan (assurance), dan aspek kepedulian (emphaty) untuk mengetahui kepuasan orang tua pada lembaga PAUD Flamboyan Cilik Gondo Arum Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah orang tua anak didik lembaga PAUD Flamboyan Cilik Gondo Arum Yogyakarta sebanyak 41 responden. Data yang dikumpulakan dianalisis mengguanakan analisis Uji t, Uji F, Uji regresi linier berganda dan koefisien determinasi (R-square). Hasil analisis linier berganda menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan orang tua di lembaga PAUD Flamboyan Cilik Gondo Arum Yogyakarta sebesar 74,4%, hal ini menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan pendidikan PAUD Flamboyan Cilik Gondo Arum Yogyakarta terhadap tingkat kepuasaan orang tua sebesar 74,4% dan sisanya 25,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dari penelitian ini dapat disarankan kepada pengelola lembaga PAUD untuk meningkatkan ruang belajar, mengadakan evaluasi dan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan guna meningkatkan pelayanan, dan pengelola perlu mengadakan sosialisasi untuk memberikan penjelasan mengenai sistem dan prosedur pelayanan agar orang tua anak didik lebih mudah dalam akses pelayanan. Kata kunci : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, kualitas layanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Manajemen > Manajemen Pemasaran B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kualitas Layanan |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 17 May 2019 03:09 |
Last Modified: | 17 May 2019 03:09 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/728 |
Actions (login required)
View Item |