ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SMK MUHAMMADIYAH 2 WATES KULON PROGO

Sari, Wulan and Wening, Nur (2016) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SMK MUHAMMADIYAH 2 WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
121113328 wulan sari Unggah.pdf

Download (539kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Perkembangan zaman yang memicu persaingan global saat ini sangat diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas agar suatu negara dapat bertahan untuk meningkatkan pembangunan nasioal. Hal tersebut membuat SMK Muhammadiyah 2 Wates Kulon Progo sebagai penyelenggara jasa Pendidikan Kejuruan harus melakukan suatu peningkatan kualitas pendidikan agar terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten di bidangnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Menganalisis kualitas pelayanan dari persepsi siswa. (2) Bagaimana tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen mengenai layanan tersebut berdasarkan dimensi kualitas jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan/kepastian, dan empati). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen sekolah dan internet. Responden yang menjadi sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dan teknik pengmbilan sampel menggunakan sampling purposive. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Kepentingan Kinerja (Importance Performance Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua atribut dimensi kualitas jasa yang dianggap “Sangat Penting” yaitu (1) Keandalan/reliability dan (2) Daya Tanggap/responsiveness. Penilaian responden terhadap kinerja menghasilkan nilai rata-rata di bawah harapan dan semua termasuk dalam kriteria “Baik”. Evaluasi kepuasan konsumen berdasarkan olah data penelitian yaitu sebesar 2,84 yang berarti konsumen “Puas” terhadap kinerja SMK Muhammadiyah 2 Wates Kulon Progo. Nilai tersebut terdapat selisih (gap) sebesar (-0,63) yang mana harapan kepuasan yang ingin diperoleh konsumen adalah 3,47. Kata kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, SMK Muhammadiyah 2 Wates.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kepuasan Konsumen
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:31
Last Modified: 08 Feb 2018 07:31
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item