PENGARUH CUSTOMERS SATISFACTION, CORPORATE IMAGE, DAN SWITCHING BARRIERS TERHADAP CUSTOMERS RETENTION DALAM PEMBELIAN BERKELANJUTAN PADA BJ HOME SUPERMARKET BANGUNAN YOGYAKARTA

Nurlindah, Andi and Wikaningtyas, Suci Utami (2019) PENGARUH CUSTOMERS SATISFACTION, CORPORATE IMAGE, DAN SWITCHING BARRIERS TERHADAP CUSTOMERS RETENTION DALAM PEMBELIAN BERKELANJUTAN PADA BJ HOME SUPERMARKET BANGUNAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
173116482 Andi Nurlinda 1-3.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
173116482 Andi Nurlinda 4-5.pdf

Download (466kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Ritel modern merupakan sebuah tempat yang menawarkan berbagai keperluan masyarakat. Perdagangan secara ritel tidak hanya menjual produk, namun penjualan secara ritel juga berarti menjual jasa. Bisnis ritel di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama bisnis ritel bahan bangunan dan perlengkapan rumah. Persaingan antar ritel modern menuntut perusahaan untuk mempertahankan dan memperbanyak jumlah konsumen Namun perusahaan perlu menyadari bahwa sikap loyal saja tidak cukup untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan, karena sikap loyal tidak banyak mempengaruhi angka penjualan maupun profit. Perlu adanya tindakan nyata sebagai bukti bahwa pelanggan benar-benar loyal terhadap perusahaan, yaitu adanya customers retention dalam pembelian berkelanjutan. Dalam penelitian ini akan dibahas tiga hal yang berpengaruh terhadap customers retention. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Pengaruh Customers Satisfaction, Corporate Image, dan Switching Barriers terhadap Customers Retention dalam Pembelian Berkelanjutan pada Bj Home Supermarket Bangunan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Penelitian ini dilakukan di BJ Home Supermarket Bangunan Yogyakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria konsumen yang telah berkunjung dan melakukan pembelian minimal 2x di BJ Home Supermarket Bangunan Yogyakarta. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa H1 ditolak karena t hitung sebesar 0.566 < t tabel sebesar 1.985 dengan nilai signifikan variabel sebesar 0.573 > nilai signifikan standart sebesar 0.05 yang berarti Customers Satisfaction tidak memiliki pengaruh terhadap Customers Retention dalam pembelian berkelanjutan pada BJ Home Supermarket Bangunan. H2 diterima karena t hitung sebesar 4.570 > t tabel sebesar 1.985 dengan nilai signifikan variabel sebesar 0.000 < nilai signifikan standart sebesar 0.05 yang berarti Corporate Image memiliki pengaruh terhadap Customers Retention dalam pembelian berkelanjutan pada BJ Home Supermarket Bangunan. H3 ditolak karena t hitung sebesar 1.563 < t tabel sebesar 1.985 dengan nilai signifikan variabel sebesar 0.121 > nilai signifikan standart sebesar 0.05 yang berarti Switching Barriers tidak memiliki pengaruh terhadap Customers Retention dalam pembelian berkelanjutan pada BJ Home Supermarket Bangunan. H4 diterima karena f hitung untuk X1 , X2, dan X3 sebesar 29.579 > f tabel sebesar 2.70 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < nilai signifikan standart sebesar 0,05 yang berarti Customers Satisfaction, Corporate Image dan Switching Barriers memiliki pengaruh secara simultan terhadap Customers Retention dalam pembelian berkelanjutan pada BJ Home Supermarket Bangunan. H5 ditolak karena Nilai beta kolom Standardized Coefficient variabel customers satisfaction (X1) adalah 0.051, t hitung 0.566 dengan nilai signifikan sebesar 0.573, dimana nilai tersebut yang paling kecil diantara 2 variabel lainnya yang berarti Customers Satisfaction bukan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap customers retention dalam pembelian berkelanjutan pada BJ Home Supermarket Bangunan Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5 % menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara kepuasan konsumen dan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen pada ritel modern. Hasil perhitungan secara parsial menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan baik antara kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen dan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen. Kata Kunci : Ritel Modern, Customers Satisfaction, Corporate Image, Switching Barriers, Customers Retention

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Keputusan Pembelian
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:14
Last Modified: 03 Oct 2019 03:14
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item