ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI ( PROMOTION MIX ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KARTU SELULER DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Rosanti, Iis and Chasanah, Uswatun (2016) ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI ( PROMOTION MIX ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KARTU SELULER DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
121113392 iis rosanti unggah.pdf

Download (821kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kegiatan pemasaran kartu seluler . Dalam memasarkankan produk kartu seluler ini perlu adanya sebuah media penghubung antara konsumen dengan perusahaan yaitu dengan cara melalui promosi sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Agar promosi dapat menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian, maka perusahaan melakukan bauran promosi yang di dalamnya terdapat beberapa variabel yaitu periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif melalui korelasi dan regresi yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara dan kuisioner. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, dan Reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t independen sampel karena sampel yang digunakan lebih dari satu sampel yaitu indosat dan 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pada kartu seluler indosat dapat diperoleh bahwa nilai F hitung sebesar 2.406 dengan angka signifikasi P value sebesar 0.013 atau 1.3 % dengan tingkat signifikasi (a) 0.05 dengan P value 0.007 < 0.05 maka H0 ditolak Ha diterima , artinya variabel periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan ( selling promotion), hubungan masyarakat ( public relation), pemasaran langsung (direct marketing) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan pada kartu seluler 3 dapat diperoleh bahwa nilai F hitung sebesar 3.133 dengan angka signifikasi P value sebesar 0.015 atau 1.5 % dengan tingkat signifikasi (a) 0.05 dengan P value 0.015 < 0.05 maka H0 ditolak Ha diterima , artinya variabel periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan ( selling promotion), hubungan masyarakat ( public relation), pemasaran langsung (direct marketing) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sehingga bahwa kartu seluler (indosat dan 3) keduanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya kontribusi dari variabel-variabel tersebut terhadap keputusan pembelian ditunjukan dengan nilai determinan (R square) yaitu pada kartu seluler indosat sebesar 0.499 atau 49.9% sisanya sebesar 50.1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian lain dan pada kartu seluler 3 sebesar 0.474 atau 47.4% sisanya sebesar 52.6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian lain.Dan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen kartu seluler di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah variabel pemasaran langsung (X5) yaitu dengan dibuktikanya pengaruh uji t sampel independen. Uji t sampel independen ini menggunakan variabel pemasaran langsung karena hasil uji regresi linier berganda yang paling berpengaruh dibandingkan variabel lainya dengan menghitung nilai rata-rata antara data responden kartu seluler indosat dan 3. sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemasaran langsung dalam uji t independen sampel kartu seluler (indosat dan 3) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai t hitung > signifikasi a yaitu sebesar 0.722.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Keputusan Pembelian
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:38
Last Modified: 08 Feb 2018 07:38
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/94

Actions (login required)

View Item View Item