Strategi Meningkatkan Loyalitas Pemuda Terhadap Masjid (Studi Deskriptif Kualitatif pada Masjid an-Nashir, Yogyakarta)

A’dzham, Qo’idul and Chasanah, Uswatun (2017) Strategi Meningkatkan Loyalitas Pemuda Terhadap Masjid (Studi Deskriptif Kualitatif pada Masjid an-Nashir, Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
131114173-QOIDUL ADZAM unggah.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian yang saat ini berada di tangan pembaca berjudul “STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS PEMUDA TERHADAP MASJID (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Masjid an-Nashir Yogyakarta)” merupakan buah dari keingintahuan, kepedulian dan rasa penasaran yang sejak lama mengganjal di hati penulis. Berbagai pertanyaan seperti “bagaimana keadaan masjid dimasa depan ketika “si mbah” yang selalu mengumandangkan adzan kelak tiada? bagaimana kelanjutan generasi Islam jika para pemuda Islam saat ini fobhia terhadap masjid? bagaimana pertanggung jawaban kita dihadapan Allah kelak jika kita membiarkan masalah ini begitu saja? dan sederet pertanyaan-pertanyaan sejenis lainnya, semua itu merupakan salah satu faktor yang mendorong penulis melakukan penelitian ini. Penelitian dilakukan di masjid an-Nashir yang terletak di jl. Godo Inten, Tegal Sari, Sorogenen, Nitikan, Yogyakarta. Data pada penelitian ini berasal dari takmir masjid an-Nashir, para pemuda dan masyarakat setempat yang diperoleh dengan cara depth interview, group discussion, pengamatan, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data diolah menggunakan metode triangulasi, kemudian menggabungkan data yang telah diolah dengan teori, metode yang dicontohkan rasulullah dan pengalaman pribadi penulis untuk mendapatkan kesimpulan dari permasalahan yang ada serta saran untuk mengatasi sekaligus mencegahnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran keluarga dalam mendidik dan kerjasama diantara semua pihak untuk mencapai satu tujuan yaitu membentuk generasi penerus yang dapat “dibanggakan” merupakan kunci terpenting dibandingkan dengan hal-hal lainnya, akan tetapi karena begitu kompleksnya masalah yang berhubungan dengan generasi muda ini dan juga mebutuhkan penjabaran yang luas dan analisa yang lebih mendalam untuk membahasnya, sehingga solusi-solusi lain untuk memecahkan masalah generasi muda Islam masih sangat diperlukan terutama dengan meninjau faktor-faktor terkait yang belum ditinjau pada penelitian ini seperti budaya, pendidikan orang tua, dll.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran
B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Loyalitas
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:40
Last Modified: 06 Feb 2018 06:40
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item