Astuti, Anfalia Fitri and Nugroho, Muhammad Awal Satrio (2019) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MUZZAKI DALAM MENGGUNAKAN JASA UPZ ZIS NUR HIDAYAH. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
154115272 ANFALIA 1-3.pdf Download (588kB) | Preview |
|
Text
154115272 ANFALIA 4-5.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
Abstract
Saat ini potensi zakat di wilayah Yogyakarta tercatat ± Rp 217 trilliun dan kurang lebih 30 lembaga amil telah resmi berijin. “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan- Nya; mendirikan salat; melaksanakan puasa (di bulan Ramadan); menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah (bagi yang mampu)” (HR. Muslim) Dalam kitab al-Hâwî, al- Mawardi mendefinisikan zakat dengan nama pengambilan tertentu dari harta yang tertentu, menurut sifat-sifat tertentu, dan untuk diberikan kepada golongan tertentu. Sehingga semua muslim yang sudah masuk nisab dan batas haul maka sudah wajib berzakat. UPZ ZIS Nur Hidayah sebagai salah satu lembaga amil tingkat daerah berkhidmat untuk membantu dalam mengumpulkan dan mentasyarufkan zakat, infaq, sedekah dari para muzzaki. Selain bertugas untuk mendakwahkan/mengedukasi masyarakat seluruh kegiatan dan tasyaruf dari lembaga UPZ ZIS Nur Hidayah, layanan di internal juga harus terus diperbaiki supaya Muzzaki puas dan loyal terhadap lembaga ini. Perbaikan kualitas layanan UPZ ZIS Nur Hidayah diharapkan mampu memperluas pergerakan dakwah tentang zakat, infaq dan sedekah. Penelitian ini mengukur tingkat kepuasan Muzzaki dengan 5 variabel dan mendapatkan hasil variable bukti fisik mempunyai sikap puas sebesar 67 %, keandalan mempunyai sikap puas sebesar 83 %, daya tanggap mempunyai sikap puas sebesar 18 %, asuransi mempunyai sikap puas sebesar 47% dan empati mempunyai sikap puas sebesar 50 %. Dari hasil yang ditampilkan para Muzzaki puas terhadap layanan UPZ ZIS Nur Hidayah. Para Muzzaki turut antusias dan memberikan respon positif, terbukti dari ketersediaanya mengisi kuesioner dan memberikan penilaian terhadap kualitas layanan UPZ ZIS Nur Hidayah. Beberapa Muzzaki menindaklanjuti dengan terus berdonasi kepada program-program yang dijalankan oleh UPZ ZIS Nur Hidayah. Kata Kunci : Zakat, Infaq , Sedekah, Kepuasan Muzzaki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Manajemen > Manajemen Pemasaran B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kepuasan Konsumen B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Kualitas Layanan |
Divisions: | S1 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 01:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 01:37 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/972 |
Actions (login required)
View Item |